Cara Mengukur Jarak Tempat Tinggal Kita dari Merapi

Aktivitas Gunung Merapi belakangan ini memang membuat was-was warga sekitar Merapi. Kondisi gunung api teraktif di dunia ini yang tidak menentu dan semakin membahayakan, membuat warga di sekitar merapi yang masuk dalam wilayah bahaya karena jaraknya yang lumayan dekat dengan merapi mengungsi ke tempat yang lebih aman. Hingga kini jarak aman dari gunung merapi masih pada radius 20Km dari mulut Merapi. Jarak aman ini dapat berubah kapan saja tergantung pada aktivitas merapi. Apabila semakin membahayakan, maka bisa saja kembali dinaikkan dari 20 km ke jarak yang lebih jauh.

Nah, penting juga bagi kita untuk mengetahui jarak tempat tinggal kita dari Gunung Merapi. Sehingga ketika pemerintah mengumumkan peningkatan jarak aman ini, kita bisa memperkirakan daerah tempat tinggal kita masuk zona bahaya apa tidak. So, Gimana caranya??? Apa harus ngukur pake meteran sampe ke mulut merapi? Hahah.. itu namanya bunuh diri :D. Untuk bisa menentukan jarak tempat tinggal kita dari daerah manapun termasuk Gunung Merapi bisa menggunakan wikimapia.

Gini nih caranya :

Buka www.wikimapia.org cari lokasi gunung merapi dan lokasi tempat tinggal kalian.

Kalo tampilan peta nya kurang lebar bisa pake fullscreen pencet tombol F11. Nah untuk bisa mengukur jarak pada peta bisa menggunakan fitur Distance Measure yang ada pada pojok kiri di bawah logo wikimapia.

Udah? Sekarang klik pada mulut gunung merapi sehingga ada garis yang muncul mengikuti mouse. Tujukan mouse ke daerah yang kalian inginkan kemudian klik. Maka pada Distance Measure di sidebar kanan akan ada hasil jarak antara Merapi ke daerah tersebut.

Nih Contohnya ane ngukur jarak Merapi – Perempatan Kentungan Jalan Kaliurang Km 5,6.

Jarak Gunung Merapi dengan Perempatan Kentungan Jl. Kaliurang Km 5,6 Jogja = 24,5 Km / 15,2 Mil


Udah bisa kan? Nah sekarang kalian udah bisa ngukur jarak dari suatu daerah ke daerah lain menggunakan wikimapia. Ada pada jarak berapa Km kah daerah tempat tinggal kalian?? Hayo jangan-jangan udah masuk zona bahaya nih.. Buruan ngungsi.. :D

Hmm.. Berapa jarak Gunung Merapi ke Kampus ane di UGM yah?? Wah ternyata jaraknya lumayan nih 26,1 Km. Masih dalam zona aman :)

Jarak Gunung Merapi dengan UGM  Jogja = 26,1 Km / 16,2 Mil


Ane juga iseng ngukur jarak Gunung Merapi ke kota-kota sekitarnya. Ini Jarak Antara Gunung Merapi dengan Kota Magelang

Jarak Gunung Merapi dengan Kota Magelang = 26,6 Km / 16,5 Mil


O iya kalo tampilan pada kedua daerah pada layar terlalu jauh, pada saat menggunakan Distance Measure layar bisa digeser dengan tombol panah pada keyboard. Jadi walaupun daerah yang mau diukur berjauhan, tetap memungkinkan untuk diukur.

Nih contohnya ane mau ngukur jarak Gunung Merapi dengan Kota Wonosobo. Walaupun gambar kotanya tidak terlihat pada peta tapi tetap bisa diukur dengan menggeser tampilan petanya dengan tombol panah.

Jarak Gunung Merapi dengan Kota Wonosobo = 63 Km / 39,2 Mil


Jadi penasaran nih berapa jarak kampung halaman ane di Kab. Banjarnegara dari Gunung Merapi.

Jarak Gunung Merapi dengan Kota Banjarnegara = 83,9 Km / 52,1 Mil


Wah.. Jauh juga nih hampir 84 Km, tapi kok tiap hari masih aja kena kiriman abu vulkanik Merapi yah. Abu nya juga tebel pula, ga kalah tebel ma yang ada di Jogja. :(

Cara diatas juga bisa diterapkan dan digunakan untuk mengukur daerah dari mana saja ke mana saja sesuai keinginan, tidak hanya dari dan ke Merapi saja. Wikimapia juga bisa digunakan untuk melihat gambar / foto gunung Merapi yang diambil dari Satelit. Ini adalah gambar / foto Gunung Merapi sebelum terjadinya erupsi yang diambil dari Citra Satelit :

Ok. Moga bermanfaat. :)

Thanks for reading.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rizky Agung

Rizky Agung Pratama an Electrical boy from small city Banjarnegara. Just graduated from Diploma Electrical Engineering in Gadjah Mada University. Mikrotik MTCNA certified. Website trainer & designer.

You may also like...

Facebook comments:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>