Cara Menjalankan Aplikasi & Game Android (APK File) di PC

Banyak sekali aplikasi dan game android yang ada di internet dan dapat didownload dengan gratis. Bagi anda android user, pasti sudah banyak koleksi aplikasi dan game hasil download yang anda miliki. Namun, kadang tidak semua file tersebut bisa diinstall dan dijalankan di Gadget anda. Terutama Game HD yang memerlukan spesifikasi mesin android yang tinggi. Sehingga tidak dapat dijalankan di Hp android yang tidak sesuai dengan resolusi dan spesifikasi gamenya. Padahal untuk mendownload game tersebut biasanya diperlukan waktu yang cukup lama, tergantung koneksinya. Setelah menunggu lama tapi ternyata tidak bisa dimainkan, tentu ini membuat kita penasaran tentang game tersebut.

Tetapi tenang saja, masih ada cara untuk memainkannya, salah satunya dengan menggunakan PC anda. Bagaimana caranya? Sebenarnya cukup mudah. Kita bisa menggunakan fitur Android Virtual Device (AVD) yang dapat kita buat dengan menginstall JAVA dan Android SDK.

Instalasi Android Virtual Device (AVD)

Langsung saja, hal pertama yang harus kita lakukan yaitu mendonwload file-file yang kita butuhkan :

Setelah di download, Install masing-masing program tersebut, dengan urutan Java –> JDK –> Android SDK. Jika anda menginstall Android SDK dulu, maka ketika menginstall anda akan diminta menginstall Java dan JDK terlebih dahulu. Maka proses instalasi saya sarankan harus urut supaya mudah dan cepat.

Setelah semua terinstall, Buka file SDK Manager yang biasanya ada di direktori C:Program FilesAndroidandroid-sdkSDK Manager.exe.

Akan muncul jendela untuk update, close saja. Selanjutnya masuk ke Available packages, Klik panah pada Android Repository. Centang salah satu dari SDK Platform Android. Pilih versi OS android yang ingin digunakan. Misalnya saya menggunakan versi 2.2, jadi centang yang SDK Platform Android 2.2. Kemudian klik Install Selected. Klik Accept dan Install. Tunggu hingga proses download selesai.

Setelah beres, masuk ke Virtual Devices, pilih New, akan muncul tampilan create new AVD. Masukkan Nama sesuka anda, dan pilih target yang ada. Untuk SD card isi dengan 1000 Mb saja, karena kalau terlalu besar proses menjadi lama. Pilih Skin sesuai selera, saya sarankan jangan yang terlalu beser, karena nanti tampilan tidak cukup di layar monitor dan akan terpotong tampilan nya. Kalau sudah, klik Create AVD. Tunggu sampai proses pelesai (biasanya agak lama).

Akan muncul jendela yang menyatakan bahwa AVD telah dibuat. Klik OK untuk menutup jendela. Perhatikan bahwa ketika Anda membuat sebuah AVD, settingan nya dapat diubah dengan menu Edit. AVD yang baru saja Anda buat sekarang sudah muncul dalam daftar Virtual Devices.

Untuk menjalankan AVD yang sudah anda buat sebelumnya, pilih dan kemudian klik tombol Start.

Jendela Pilihan Peluncuran terbuka, yang memungkinkan Anda untuk mengatur Skala tampilan. Biarkan saja dulu apa adanya. Langsung saja klik Launch. Perlu waktu yang cukup lama OS Android untuk booting. Setelah selesai booting akan keluar tampilan Android nya seperti gambar berikut

Nah, sekarang android virtual nya sudah siap digunakan :).

Anda bisa menggunakan Mouse untuk navigasi atau bisa juga menggunakan shortcut keyboard sebagai berikut :

 

 

Home Go to the Home Screen
F2 Menu Button
ESC Back Button
F6 Toggle Trackball Mode
Ctrl+F5 Increase Volume
Ctrl+F6 Decrease Volume
Ctrl+F11 Switch Between Portrait and Landscape Mode
Alt+Enter Toggle Full-Screen Mode

Instalasi APK file

Setelah anda berhasil membuat dan menjalankan Android Virtual Device (AVD), sekarang saatnya untuk menginstall aplikasi atau game dalam bentuk apk file ke AVD. Caranya cukup simpel, yakni sebagai berikut :

  1. Buka dan jalankan AVD yang sudah anda buat.
  2. Buka CMD, gunakan format command sebagai berikut untuk mengistall : c:[direktory folder android sdk]adb.exe install [direktory file apk]namafile.apk | misalnya c:android-sdkplatform-toolsadb.exe install c:android-sdkangrybirds.apk *jangan lupa tanda garis miring nya (maaf jika di post tanda nya tidak muncul)

  1. Pastikan AVD dalam kondisi siap digunakan (tidak dalam kondisi terkunci/lock). Apabila proses instalasi dilakukan ketika AVD dalam kondisi lock, maka akan muncul pesan error : device offline.
  2. Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan Success, yang berarti apk file sudah berhasil terinstall di AVD anda.
  3. Lakukan hal yang sama untuk file apk yang lainnya.

Coba jalankan aplikasi atau game yang sudah diinstall tersebut. Biasanya aplikasi / game akan berjalan lambat, karena AVD merupakan sebuah emulator yang memvirtualisasi android yang asli.

Sekian dulu tutorial Cara Menjalankan Aplikasi & Game Android (APK File) di PC. Apabila ada kesalahan dengan apa yang saya tulis diatas mohon untuk dibenarkan dengan mengirimkan komentar dibawah postingan ini.

Terimakasih dan Semoga Bermanfaat :)

 

UPDATE! Cara yang lebih mudah dan simple ada disini! 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Keywords:

| cara membuka file apk di pc (91) | | cara membuka file apk (61) | | cara buka file apk di pc (60) | | cara menjalankan file apk di pc (28) | | cara membuka APK file (22) | | cara buka file apk (20) | | cara membuka file apk di komputer (16) | | menjalankan file apk di pc (16) | | cara menjalankan apk di PC (14) | | game android versi pc (13) |

Rizky Agung

Rizky Agung Pratama an Electrical boy from small city Banjarnegara. Just graduated from Diploma Electrical Engineering in Gadjah Mada University. Mikrotik MTCNA certified. Website trainer & designer.

You may also like...

Facebook comments:

1 Response

  1. July 26, 2011

    [...] dulu tutorial Cara Menjalankan Aplikasi & Game Android (APK File) di PC. Apabila ada kesalahan dengan apa yang saya tulis diatas mohon untuk dibenarkan dengan mengirimkan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>