Tips Mengikuti Tes Kesehatan PLN UGM

tes kesehatanSetelah berhasil lolos tes Psikotes, biasanya kita akan melaju ke level berikutnya yaitu untuk menghadapi Tes Kesehatan. Sedikit berbeda dari tes psikotes, pada tes kesehatan tidak diperlukan pemikiran yang rumit, hanya saja dibutuhkan kondisi tubuh yang benar-benar bugar dan sehat. Sehat bukan berarti kita sehat dari penyait musiman seperti batuk, flu, dll. Sehat disini berarti kita tidak memiliki suatu penyakit yang berbahaya / penyakit keturunan seperti Ambeyen, Paru-paru basah, kelainan darah, dll.

Tahukah kalian bahwa PLN sangat ketat dalam menyeleksi calon pegawainya dalam bidang kesehatan? Sebagian besar peserta Tes rekrutmen gagal pada Tes Kesehatan ini. Sehingga Tes kesehatan ini lah yang paling ditakuti oleh sebagian besar peserta tes. Kenapa bisa begitu? Karena PLN sangat peduli terhadap kesehatan pegawainya dan apabila ada pegawainya yang menderita penyakit maka PLN akan membiayai pegawai tersebut, sehingga dalam penyeleksian pegawainya PLN sangat ketat dalam menyeleksi kesehatan dari calon pegawainya, jika tidak memenuhi standar minimal yang ditetapkan PLN maka orang tersebut pun tidak akan lolos.

Beberapa Tips dari saya dalam mengikuti Tes Kesehatan PLN :

Olah Raga yang Teratur

Dalam tes kesehatan ini memang tubuh dituntut untuk tetap bugar dan fit ketika mengikuti tes. Untuk menjaga kebugaran tubuh, saya sarankan untuk berolahraga secara teratur dari beberapa hari sebelum dilaksanakan nya Tes Kesehatan. Karena sesuai dengan pelangalaman saya, waktu itu beberapa hari sebelum Tes saya tiap pagi jogging memutari alun-alun kota Banjarnegara minimal 10 putaran. Wah.. Rajin amat tuh.. Iya coz waktu itu saya juga akan mengikuti Ujian masuk IPDN jadi Olah raga harus terus digenjot :D. Alhasil tes IPDN nya ga jadi ikut, coz jadwal bentrok dengan tes PLN, malah Tes kesehatan nya yang lolos. Hehe :D

Perhatikan Instruksi yang diberikan PLN

Beberapa hari sebelum diadakan Tes Kesehatan, PLN akan memanggil peserta tes untuk briefing tentang hal apa saja yange perlu dipersiapkan dalam tes kesehatan nantinya. Nah.. Usahakan kalian hadir pada briefing ini. Karena kalo ga hadir kalian akan ketinggalan informasi mengenai hal-hal penting yang diperlukan dalam tes nanti, seperti lokasi dan waktu tes, tips dan trik menghadapi tes, persiapan sebelum tes, dsb. Jadi, rugi banget deh kalo ga ikut briefing nya.

Berpuasa Sebelum Tes

Selain olahraga yang teratur, juga disarankan untuk berpuasa beberapa hari sebelum tes dilaksanakan. Karena dengan berpuasa, kita jadi tidak terlalu banyak makan, sehingga  kadar kolesterol dalam tubuh jadi tidak terlalu tinggi. Setahu saya, kebanyakan peserta yang gagal tes kesehatan itu karena kadar kolesterol dalam tubuh nya yang terlalu tingggi dan tidak sesuai dengan batas minimum yang ditentukan oleh PLN. Jadi saran saya, berpuasalah paling tidak puasa senin kamis sebelum tes dilaksanakan. Karena selain buat Ibadah (bagi umat muslim), juga bisa membantu kita dalam tes nantinya.

O iya, 1 hari sebelum tes dilaksanakan, kita diminta untuk puasa tidak makan (tapi boleh minum) selama 7 jam (kalo ga salah sih.. maaf saya agak lupa :D) oleh pihak PLN. Informasi ini biasanya diberikan pihak PLN pada saat briefing. Entah untuk apa tujuannya saya lupa, so jangan lupa untuk melaksanakannya yah.

Jaga Porsi Makan

Ini penting juga untuk diperhatikan, karena porsi makan dan jenis makanan yang kita makan nantinya akan mempengaruhi hasil tes kesehatan. Makanlah makanan yang sehat dan yang tidak terlalu banyak mengandung zat-zat yang merugikan bagi tubuh, seperti makanan berkolesterol, dsb. Hal ini untuk menghindari kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

Jaga Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh yang tidak fit juga akan mempengaruhi hasil tes nantinya. So, usahakan tubuh tetap fit dengan banyak istirahat dan kurangi begadang. Buat kalian yang pecandu rokok maupun minuman yang tidak sehat, stop dulu untuk sementara waktu. Karena menurut pengalaman saya, orang yang merokok dan minum minuman yang tidak sehat sebelum tes dilaksanakan tidak ada dari mereka yang lolos tes. Jadi usahakan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut untuk beberapa saat, sukur-sukur untuk selamanya :D

Survey Tempat / Lokasi Tes

Setelah diberitau lokasi tempat dilaksanakan nya tes kesehatan, ada baiknya untuk kita mencari tempat itu. Karena tidak semua peserta tau dimana tepatnya lokasi tes dilaksanakan. Jadi pada saat hari H kita tidak terlambat karena bingung mencari-cari lokasi tes nya karena belum tau tempat pastinya dimana.

Sabar dan Bersikap Tenang

Pada saat tes berlangsung, akan ada beberapa pos, dimana setiap pos itu lah kita akan di tes. Tes pada setiap pos berbeda-beda, ada pos tes darah, pos tes pendengaran, tes penglihatan, tes jantung, dsb. Nah, manfaatkanlah waktu untuk memasuki pos yang kosong atau yang antriannya tidak terlalu banyak. Untuk itu, bersabarlah dan diharapkan untuk bersikap tenang supaya tensi atau tekanan darah tidak terlalu tinggi. Lakukan semua tes dengan baik, supaya mendapat hasil yang baik juga.

Untuk jenis-jenis tesnya saya tidak bisa sebutkan semuanya, mohon maaf karena sudah agak lupa :D. Yang pasti ada 2x tes darah sebelum dan sesudah makan, tes pendengaran, tes penglihatan, tes urine, tes keseimbangan, tes jantung, tes ambeyen, Rontgen,  dll.

Oke, mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Tips Menghadapi Tes Kesehatan PLN. Semua yang saya tulis diatas berdasarkan pengalaman saya sendiri. Jadi mohon maaf kalo sekiranya ada hal yang tidak pas atau tidak benar mengenai informasi yang saya berikan diatas.

Semoga Informasi yang saya berikan dapat berguna bagi kita semua. Terima kasih atas perhatian dan kunjungannya. Sukses selalu buat kita semua :)

Salam,

RIZKY AGUNG PRATAMA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Keywords:

| tips tes kesehatan pln (55) | | trik tes kesehatan (35) | | tes gat pln (15) | | tips menghadapi tes kesehatan pln (10) | | standar kolesterol untuk tes kesehatan pln (3) | | Cara mengakali Tes tinggi badan yang kurang dipama (2) | | tes fisik IPDN (1) |

Rizky Agung

Rizky Agung Pratama an Electrical boy from small city Banjarnegara. Just graduated from Diploma Electrical Engineering in Gadjah Mada University. Mikrotik MTCNA certified. Website trainer & designer.

You may also like...

Facebook comments:

1 Response

  1. July 26, 2011

    [...] Pada Artikel saya yang sebelumnya telas saya ulas tentang Tips Mengikuti Tes Psikotes dan Tes Kesehatan. Nah, kali ini saya akan sedikit ulas tentang Tes Wawancara yang merupakan Tes terakhir dari [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>